Home » , » Inilah Profil Calon Wali Kota Bandung 2013 - 2018

Inilah Profil Calon Wali Kota Bandung 2013 - 2018

Written By Kota Kembang on Kamis, 21 Maret 2013 | 19.20



Kota Bandung akan mengadakan hajat besar pada 2013 ini, yaitu pemilihan calon wali kota Bandung. Delapan nama calon dan wakilnya sudah digadang-gadang, baik dari jalur partai politik maupun independen. Masyarakat Bandung pun sudah mulai "dijejali" dengan segala isu dan aneka bentuk promosi baliho pasangan cawalkot yang dipajang di jalan-jalan raya. Koalisi antar-parpol pun sudah mulai dijajaki.

Pendaftaran cawalkot Bandung tanggal 11 Maret sampai dengan 17 Maret 2013 telah dilaksanakan. Sementara dari tanggal 18 Marethingga  6 Mei 2013, KPU akan memverifikasi kelengkapan administrasi dan verifikasi faktual kepada delapan pasang calon. Lantas, KPU akan melakukan cek kesehatan (Jumat, 22 Maret, hingga Minggu, 24 Maret 2013). Pada 7 Mei 2013, KPU akan mengumumkan siapa saja calon yang lolos. Kampanye cawalkot akan dilaksanakan pada 6 Juni - 19 Juni 2013. Sedangkan pemunguta suara akan dilaksanakan pada Minggu, 23 Juni 2013. Jika terjadi putaran kedua, pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bandung dilaksanakan pada 24 Agustus 2013. Pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Bandung terpilih dilaksanakan pada 16 September 2013.

Berikut ini dari jalur independen ada empat nama, yaitu: 

1. Wawan Dewanta-HM Sayogo 
2. Wahyudin Karnadinata-Toni Aprilani 
3. Budi Setiawan (Budi Dalton)-Rizal Firdaus
4. Bambang Setiadi-Alex Takhsin Ibrahim. 

Adapun empat pasangan lainnya berasal dari usungan partai, di antaranya: 

1. Edy Siswadi-Erwan Setiawan (Partai Demokrat, PPP, PKB, Hanura, PPRN, PBB, dan PKPI) 
2. M Qudrat Iswara-Asep Dedy Ruyadi (Golkar dan partai nonparlemen) 
3. Ayi Vivananda-Nani Suryani Rosada (PDIP dan PAN) 
4. Ridwan Kamil-Oded Danial (PKS, Gerindra, dan partai nonparlemen).

Walaupun ada yang dikenal dalam tataran dunia politik di Bandung, ya masih eta-eta keneh (itu-itu saja) yang dekat dengan lingkaran pemerintahan sekarang. Walaupun ada dari pihak luar parpol, namun akhirnya tetap diusung oleh parpol. Untuk calon Edi Siswadi-Erwan Setiawan, masyarakat Bandung sudah mengenalnya, keduanya aktif dalam kegiatan berpolitik dan birokrasi. Edi Siswadi adalah Sekda Kota Bandung yang ada dalam masa pemerintahan Wali Kota Dada Rosada. Adapun Erwan Setiawan adalah "aktifis" partai Demokrat yang menjadi Ketua DPRD Kota Bandung. Sebelumnya, Edi digadang akan maju dari Partai Golkar bersama Asep Dedy Ruyadi, namun Sekda Kota Bandung ini kemudian memilih nonaktif dan resmi maju bersama Erwan Setiawan dari Partai Demokrat. Adapun Nani Rosada, semua tahu dia adalah istri dari Wali Kota Bandung, Dada Rosada. Sementara Ayi Vivananda adalah orang kedua Bandung, alias Wakil Wali Kota Bandung sekarang.

Yang menarik adalah adanya dua pasangan yang sudah dikenal akrab di Bandung, yaitu Budi Dalton dan Ridwan Kamil. Budi Dalton adalah seniman Bandung yang sudah malang melintang dalam jagad seni dan komunitas di Bandung. Ia dikenal sebagai musikus yang akrab dengan Kang Harry Roesli (DKSB) dan senang dengan hobi motor besar (komunitas Brotherhood). Anak Dana Setia, mantan Kakandepdikbub Bandung, ini dikenal akrab dengan masyarakat Bandung, terutama kaum muda dan menaruh concern terhadap permasalahan-permasalahan di Bandung. Pria kelahiran Bandung 16 Oktober 1972 ini dikenal sebagai budayawan dan dosen. Dalam Pilwalkot 2013 ini, Budi berpasangan dengan Rizal Firdaus, seorang PNS yang bekerja di pemerintahan Provinis Banten.

Adapun Ridwan Kamil, selama ini lebih dikenal dengan arsitek kelas dunia yang namanya malang melintang dalam duni bangunan. Karyanya dikenal lebih mengedepankan aspek hubungan pembangunan dengan lingkungan.  Anak kedua dari, pasangan DR Atje Misbach, SH dan Dra. Tjutju Sukaesih ini adalah lulusan Master of Urban Design di University of California, Berkeley dan sebelumnya nyuprih elmu arsitek di Institut Teknologi Bandung (ITB). Sekolahnya dari SD sampai kuliah di Bandung. Reputasi Internasional sudah dia bangun dengan mengerjakan proyek-proyek di luar negeri, seperti Syria Al-Noor Ecopolis di negara Syria dan Changchun Financial District di China. Adapun karya-larya arsitekturnya di dalam negeri antara lain: Jembatan Westdrain Ancol, Jakarta (2007), Masjid Al-Irsyad Kota Baru Parahyangan, Kab. Bandung Barat (2008), Museum Tsunami Aceh-Rumoh Aceh, NAD (2010), Senayan Aquatic Stadium, Jakarta (2012), dan puluhan karya lainnya.

Ridwan juga mendirikan Taman Bermain Babakan Asih Kopo Bandung untuk bermain anak-anak sekitaran Kopo. Sosok Ridwan Kamil memang dikenal sebagai pecinta lingkungan yang mengharapkan Bandung di tangannya nanti tidak sareukseuk (kurang sedap dipandang) karena pembangunan yang acak adut alias tidak memperhatikan analisis dampak lingkungan. Dalam Pilwalkot 2013 ini, Ridwan berpasangan dengan Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Bandung sekaligus sebagai Ketua DPD PKS Kota Bandung, yaitu Oded Danial Muhamad.

Adapun nama lainnya, Wawan Dewanta menjabat Kabid Kepemudaan Dinas Pemudan dan Olahraga (Dispora) Bandung. Ia yang berpasangan dengan HM Sayogo adalah calon dari jalur independen pertama yang mendaftar ke KPU Bandung. Sementara, Wahyudin Karnadinata adalah Kepala Staf Garnisun Tetap (Kasgartap) II Bandung. Wakilnya Toni Aprilani merupakan ketua PSSI Jabar sekaligus anggota exco PSSI. Pasangan lainnya adalah mantan anggota DPRD Kabupaten Bandung Bambang Setiadi yang berpasangan dengan Wakil Sekretaris Pengadilan Negeri Bandung, Alex Tahsin Ibrahim. Nama lainnya, M Qudrat Iswara adalah kader internal Partai Golkar. Iswara merupakan sekretaris DPD Partai Golkar Jabar dan ketua Komisi D DPRD Jabar. Sedangkan Asep Dedy Ruyadi merupakan Ketua DPC Partai Golkar Kota Bandung sekaligus wakil ketua DPRD Kota Bandung.

***

Inilah nomor urut delapan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Bandung periode 2013 - 2018:

1. Edi Siswadi-Erwan Setiawan. (Demokrat, PPP, Hanura, PBB, PKB, PKPI, dan PPRN)
2. Wahyudin Karnadinata-Tonni Aprilani. (Independen)
3. Wawan Dewanta-M. Sayogo. (Independe)
4. Ridwan Kamil-Oded Danial. (PKS, Gerindra)
5. Ayi Vivananda-Nani Rosada. (PDIP, PAN)
6. M.Q. Iswara-Asep Dedi Ruyadi. (Golkar, PDS, PKNU, PKPB, PBR, Barnas, PPD, Merdeka, PKDI, PPI, PNBKI, dan Kedaulatan)
7. Budi Setiawan-Rizal Firdaus. (Independen)
8. Bambang Setiadi-Alex Tahsin Ibrahim. (Independen)


Baca Artikel Terkait Lainnya:

Share this article :

Kaos Khas Bandung

Translate

 
Support : About Us | Privacy Policy | Contact Us
| Site Map
Copyright © 2008. Informasi Bandung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger