Home » , » Di Sini Tempat Belanja Boneka di Bandung

Di Sini Tempat Belanja Boneka di Bandung

Written By Kota Kembang on Senin, 28 Januari 2013 | 00.29

Kawasan Cedok, masyarakat Bandung Selatan biasa menyebut nama daerah tempat industri rumahan pembuatan boneka. Sebuah kawasan di Jalan Terusan Kopo (Jln. Kopo Sayati) menuju arah Soreang (dekat daerah Cibaduyut). Jika keluar dari  pintu tol Kopo langsung belok kanan. Sejak tahun 80-an, kawasan ini dikenal sebagai salah satu sentra boneka di Bandung. Di sini hampir setiap rumah menjadi rumah produksi sekaligus grosir macam-macam boneka lucu. Jika Anda sering browsing mencari gambar boneka di internet, di sini Anda bisa menemukan bagaimana bentuk boneka aslinya.

Di daerah ini berjejer toko-toko  yang menjual beragam jenis boneka, mulai dari boneka kecil sebagai hiasan sandal, tempelan kaca, bantal mobil, hingga boneka yang besarnya mampu menyaingi ukuran tubuh anak. Yang menjadi daya tarik pembeli untuk belanja boneka di sini, harganya yang terhitung murah. Toko grosiran di sini pun menjual boneka dengan eceran.

Boneka yang diproduksi oleh perajin-perajin Kopo ini tidak hanya tersebar luas di swalayan, toko, dan masyarakat di daerah Bandung dan Jawa Barat saja. Boneka produksi di sini sudah menyebar malah hingga ke wilayah Sumatera. Begitu pula dengan adanya musim jualan online di internet, banyak yang mebeli untuk dijual kembali. Para penjual online mengambil barangnya dari sini. Di kawasan ini pun kita bisa memesan boneka sesuai keinginan.Misalnya untuk maskot atau hadiah khusus.

Selain di daerah Kopo Sayati, sentra pembuat boneka pun ada di daerah Cibuntu (dekat keluar tol Pasirkoja). Walaupun daerah ini dikenal sebagai penghasil tahu, namun industri boneka pun di sini mulai menggeliat. Boneka-boneka tersebut diproduksi oleh masyarakat di daerah Holis tepatnya di Jl. Soekarno Hatta Gg. Cibuntu Kel. Warung Cimuncang, Bandung. Di daerah ini kita dapat menemukan banyak toko dan perajin boneka. Sentra perajin boneka ini mulai pada tahun 2000.


Di antara rumah-rumah penduduk dan jalan gang yang sempit akan ditemui beberapa warga yang berprofesi sebagai perajin boneka. Rumah-rumah mereka pun difungsikan sebagai tempat pembuatan boneka sekaligus tempat penjualan boneka secara grosir dan eceran. Mulanya kampung ini dikenal sebagai tempat perajin boneka yang dipelopori oleh salah seorang warga. Boneka yang banyak dipesan sesuai dengan tokoh kartun yang diminati oleh anak-anak, seperti Shaun the sheep, Spongebob, Bernard Bear, Dora, Angry Birds, Tazmanian Devil, Mickey Mouse, Donald, Doraemon, Oscar, dan masih banyak lagi. Boneka yang diproduksi di sini biasanya sesuai dengan minat anak-anak, terutama dari tontonan kartun di televisi.

Boneka yang dijual di Kopo Sayati ataupun di Cimuncang, Holis harganya bervariasi tergantung dari jenis bahan dan ukuran boneka. Untuk pedagang, para perajin menjual secara grosir dalam bentuk kodi. Para pedagang tinggal datang ke rumah-rumah perajin yang juga berfungsi sebagai toko. Khusus di kawasan Holis, selain di Gang Cibuntu perajin boneka juga ada di Kampung Sayuran dan Kampung Cisegel (lokasi kampungnya berdekatan).


Baca Artikel Terkait Lainnya:

Share this article :

Informasi Menarik Lainnya

 
Support : About Us | Privacy Policy | Contact Us
| Site Map
Copyright © 2008. Informasi Bandung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger