Home » , » Mencari Buku Bekas di Bandung

Mencari Buku Bekas di Bandung

Written By Kota Kembang on Selasa, 05 Juli 2011 | 00.12


Gambar di atas adalah buku-buku langka hasil hunting penulis ke tempat-tempat buku bekas atau loakan di Bandung. Di daerah Bandung tersebar beberapa penjual buku bekas yang biasa didatangi para penikmat buku, mahasiswa, pelajar, hingga masyarakat umum yang suka koleksi buku. Malah, tidak sedikit para kolektor buku jadoel alias buku langka yang rajin menyambangi para penjual buku loakan tersebut. Jika beruntung, para kolektor buku tersebut dapat membawa pulang buku yang dicari dengan harga super miring. Di sinilah perlunya kepandaian adu tawar dengan sang penjual buku. Kebetulan penulis senang mengoleksi buku-buku lawas, nah... salah satunya menemukan beberapa buku/majalah langka yang jika dicari secara sengaja kadang sulit menemukan. Seperti majalah Intisari tahun 1960-an berikut, penulis dapatkan dari seorang pedagang yang meminta penulis untuk membeli semuanya. Katanya sih, kalau 1-2 majalah malas menjual sisanya. Jadilah majalah lawas ini penulis dapatkan beberapa edisi, tentunya dengan harga "damai" dengan si penjual.

Buku Loak Jln. Cikapundung
Untuk mencari penjual buku loakan, Anda bisa menyusuri Jalan Cikapundung (dekat gedung PLN/jembatan penyeberangan Alun-Alun), antara tower BRI - Gedung Merdeka. Di sini Anda bisa mencari buku-buku dengan beragam bidang kajian, dari kedokteran, sastra, majalah, hingga komik.


Buku Loak Jln. Dewi SartikaAnda pun dapat meneruskan perjalanan ke arah selatan. Tepatnya di daerah Jln. Dewi Sartika - Jln. Kautamaan Istri (antara Yogya Dept. Store dan Terminal/ITC Kebon Kalapa). Di pinggir jalan di depan toko-toko penjual pakaian, Anda akan menemukan tumpukan buku yang sengaja digelar oleh para penjualnya. Di sini, Anda pun bisa mencari buku-buku pelajaran, kamus, ensiklopedia, penunjang kuliah, hingga buku-buku lawas. Khusus untuk buku lawas, Anda bisa menanyakan ke penjual buku atau Anda mencari sendiri dengan memilah-milah buku. Siapa tahu Anda beruntung mendapatkan buku jadoel yang selama ini Anda cari. Jangan lupa, gunakan jurus adu tawar semiring-miringnya. Tips untuk membeli buku lawas di sini biasanya paling lengkap hari Sabtu. Kalau Anda mau melakukan pemesanan, Anda bisa minta nomor telepon si penjual atau Anda sendiri yang memberikan nomor telepon. Biasanya, kalau buku sudah ada di hari-hari berikutnya, si penjual akan menelepon.


Buku Loak Pasar Palasari
Ke daerah timur, tepatnya di jalan Palasari (dekat Jalan Lodaya/Jalan Banteng/RS Muhammadiyah), Anda bisa mengunjungi Pasar Buku Palasari. Di sini, selain buku bekas, Anda pun dapat belanja buku-buku terbaru. Kios-kios khusus jualan buku ini memang sudah berdiri lama dan memang sentra buku paling lengkap di Bandung (termasuk buku-buku bajakan tentunya). Namun, untuk masalah harga, Anda harus bisa membandingkan harga yang ditawarkan oleh pedagang. Siapa tahu, tadinya Anda berharap buku murah... malah mendapatkan harga yang sama dengan di toko-toko besar lainnya.


Baca Artikel Terkait Lainnya:

Share this article :

Kaos Khas Bandung

Translate

 
Support : About Us | Privacy Policy | Contact Us
| Site Map
Copyright © 2008. Informasi Bandung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger