Home » » Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung

Written By Kota Kembang on Minggu, 03 Juli 2011 | 01.10

Kebun Binatang Bandung ini pada awalnya oleh masyarakat Bandung dikenal dengan nama Derentén (dalam bahasa Belanda, dierentuin) yang artinya kebun binatang. Kebun Binatang Bandung didirikan pada tahun 1930-an oleh Bandoeng Zoological Park (BZP), yang dipelopori oleh Direktur Bank Dennis, Hoogland. Pengesahan pendirian Kebun Binatang ini diwenangi oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda dan pengesahannya dituangkan pada keputusan 12 April 1933 No.32.

Pada saat Jepang menguasai daerah ini, tempat wisata ini kurang terkelola, hingga pada tahun 1948, dilakukan rehabilitasi untuk mengembalikan fungsi tempat wisata ini. Pada tahun 1956, atas inisiatif dari R. Ema Bratakoesoema, Bandung Zoological Park dibubarkan dan berganti menjadi Yayasan Marga Satwa Tamansari pada tahun 1957.


Belajar mengenal lingkungan alam dan kekayaan flora dan fauna dapat Anda lakukan di Kebun Binatang Bandung. Kebun Binatang Bandung terletak di sebelah barat kampus Institut Teknologi Bandung, tepatnya di Jalan Taman sari.

Di halaman depan Anda akan disambut oleh kawanan gajah dan bebearapa kandang burung. Berjalan agak ke dalam Anda akan melihat kawasan tempat berbagai jenis ular. Tak jauh dari sana terdapat wisata hewan tunggang, antara lain gajah dan unta. Tak hanya itu, wisata bermain perahu di kolam buatan dapat Anda nikmati. Untuk dapat berkeliling kolam dengan menggunakan perahu kayuh Anda harus membayar dengan harga yang telah ditetapkan.

Ada juga arena bermain bagi anak-anak dengan berbagai macam permainan. Kebun Binatang Bandung dibangun pada tahun 1933 yang merupakkan penggabungan 2 kebun binatang yaitu dari Cimindi dan Dago atas yang dirancang oleh Dr. W. Treffers. Penggabungan ini dimaksudkan karena kedua tempat ini sudah tidak layak lagi untuk menyimpan berbagai binatang yang semakin lama semakin banyak.

Kebun Binatang Bandung
Jl. Kebon Binatang No. 6
Taman Sari Bandung - 40132
Jawa Barat, Indonesia
Telp: (022) 2507302


Baca Artikel Terkait Lainnya:

Share this article :

Informasi Menarik Lainnya

 
Support : About Us | Privacy Policy | Contact Us
| Site Map
Copyright © 2008. Informasi Bandung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger